Sabtu, 16 September 2017

Mahasiswa PKN STAN: Pentingkah berorganisasi itu?

BUTUHKAH KITA BERORGANISASI?


Mahasiswa, sebuah kata  yang terdengar hebat saat diucapkan dan dengarkan. Maha menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah sangat; amat; teramat. Sementara siswa semerti yang kita ketahui berarti murid. Jadi dapat disimpulkan bahwa mahasiswa merupakan tingkatan tertinggi dari seorang murid.

Menjadi mahasiswa PKN STAN tentu saja merupakan sebuah prestasi dan kebanggaan, Karena politeknik ini merupakan salah satu politeknik paling bergengsi di Indonesia. Tetapi, ketika kita telah menjadi bagian di kampus ini, maka mau tidak mau kita harus memegang komitmen kita untuk selalu mendapatkan nilai yang baik di setiap UAS. Oleh sebab itu, maka beberapa mahasiswa akan berpikiran untuk fokus hanya pada bidang akademik saat berkuliah di kampus ini.

Setiap orang bebas untuk menentukan pilihan nya sendiri. Tetapi menurut saya, ketika kita telah menjadi seorang mahasiswa dan kita memtuskan untuk tidak aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dan keorganisasian, dengan dalih bahwa mahasiswa PKN STAN yang harus menjadikan bidang akademik merupakan  prioritas diatas segalanya, merupakan suatu kerugian yang besar.
Mahasiswa merupakan tulang punggung berjalan nya suatu negara di masa depan. Mereka merupakan calon pemegang estafet kekuasaan negeri ini. Memprioritaskan bidang akademik memang bukanlah suatu dosa. Tetapi bayangkan apabila para calon penerus bangsa ini hanya pandai dalam bidang akademik tanpa mampu menyeimbangkan kegiatan kemahasiswaan nya, niscaya negara ini akan menjadi negara robot, dengan orang-orang di dalamnya yang tidak memiliki kecerdasan emosional.

Mengapa bisa begitu? Karena sesungguhnya organisasi merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat terpisahkan dari seorang mahasiswa. Ketika kita mengikuti organisasi, maka kita akan lebih luas mengetahui tentang dunia di dalam kampus. Selain itu, aspek utama yang dibutuhkan untuk mengikuti keorganisasian adalah mental. Apabila mahasiswa mengikuti sebuah organisasi, secara otomatis ia pasti akan memiliki mental diatas mereka yang tidak mengikuti organisasi. Berbeda dengan mereka yang tidak mengikuti organisasi. Jangankan untuk berbicara di depan umum. Untuk mengeluarkan pendapat di lingkup yang lebih kecil saja mereka tidak memiliki mental untuk melakukan nya. dengan berorganisasi kita mampu menemukan jati diri kita yang sesungguhnya sebagai kaum intelektual.

Betapa penting nya sebuah organisasi mungkin tidak dapat diukur dengan bilangan angka, namun dapat kita ukur melalui perasaan dan kepuasan pribadi. Itu yang menyebabkan mereka yang kurang peka, menganggap bahwa mengikuti organisasi hanyalah sebuah kesia-siaan belaka. Padahal dengan mengikuti organisasi, kecerdasan emosional atau yang biasa disebut dengan EQ kita akan semakin terasah. Orang ber EQ tinggi, biasanya memiliki kelebihan yaitu, ia mampu bertahan dalam menghadapi stres, memiliki kontrol impuls, mampu mengelola suasana hatinya dan memotivasi dirinya dengan baik, memiliki ketrampilan sosial, mampu memahami orang lain dengan baik, dan berbagai macam hal postif yang lain.


Jadi kesimpulan dari saya, pandai dalam bidang akademik merupakan sebuah keharusan di kampus ini. Karena bangsa kita membutuhkan orang-orang cerdas di masa depan. Namun, untuk menjadi orang cerdas tersebut, selain kemampuan akademik yang baik, mereka harus memiliki kecerdasan emosional yang baik. Salah satu cara untuk mendapatkan kecerdasan emosional tersebut adalah dengan mengikuti kegiatan keorganisasian. Maka dari itu, menyeimbangkan antara nilai akademik dengan keaktifan dalam kegiatan keorganisasian merupakan suatu hal yang sangat penting. Saya yakin, apabila seorang mahasiswa berani mengambil resiko untuk mengikuti kegiatan keorganisasian maka ia pasti telah berkomitmen untuk menyeimbangkan antara kegiatan tersebut dengan aktifitas keakademikan nya.


Semangat Teman-Teman! Love, Rosyahanna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Copyright: Blog Trik dan Tips - http://blogtrikdantips.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-efek-kembang-api-di-blog.html#ixzz2JBcC7hGj Tolong sertakan link ini jika mengkopi artikel diatas. Terima kasih