Senin, 09 Oktober 2017

Tentang PKN STAN: Jurusan

Sekilas tentang jurusan di PKN STAN

Halo semua, kembali lagi dengan saya. Kalau kalian mendengar PKN STAN apasih yang kalian pikirkan? Sekolah tinggi khusus akuntansi? Isinya pasti hitung-hitungan ya? Oh nanti lulus kerja di Kementerian Keuangan?
Statement-statement diatas memang betul adanya. Namun, ada beberapa hal yang  harus kalian ketahui lebih dalam. PKN STAN bukan hanya mempelajari tentang akuntansi, isinyapun bukan hanya sekedar belajar menghitung, dan ternyata, lulusannyapun tidak hanya dapat bekerja di Kementerian Keuangan.
Nah, pada kali ini saya akan menjelaskan sekilas tentang PKN STAN. Kali ini saya akan membahas tentang jurusan-jurusan yang ada di PKN STAN. Penasaran? Mari kita simak ulasan saya dibawah ini

PKN STAN memrupakan Sekolah Tinggi Kedinasan, di bawah naungan Kementerian Keuangan yang saat ini seluruh kegiatan belajar-mengajar nya dipusatkan di Kampus Utama PKN STAN, Bintaro sektor V. Kampus ini memiliki 4 jurusan, yaitu Akuntansi, Pajak, Kepabeanan & Cukai, dan Manajemen Keuangan. Dari keempat jurusan tersebut, dibagi lagi menjadi Prodi-prodi.


1.       Akuntansi
Terkenal dengan kalung hijaunya, jurusan ini merupakan jurusan tertua di PKN STAN. Jurusan ini dibagi menjadi Prodi D3 Akuntansi, D3 Akuntansi Alih Program/Khusus, dan D4 Akuntansi. D3 akuntansi khusus merupakan program studi lanjutan dari alumni-alumni D1 PKN STAN dari segala jurusan. D4 akuntansi untuk tahun 2017 dibagi menjadi dua, yaitu d4 akuntansi yang masuk melalui jalur yang sama dengan jurusan-jurusan lain, dan D4 studi lanjutan dari alumni D3 PKN STAN yang ingin melanjutkan studinya. Dari namanya dapat kita ketahui bahwa jurusan ini merupakan spesialisasi di bidang akuntansi, lulusan nya diharapkan dapat memiliki kecakapan dalam bidang akuntansi. Untuk karier kedepan nya, akuntansi merupakan salah satu jurusan yang fleksibel, jadi alumni jurusan ini bisa ditempatkan di K/L di luar Kementerian Keuangan, contohnya seperti Kemenhub, Kemenko Perokonomian, dan lain sebagainya.


2.       Pajak
Merupakan tim kalung kuning, dengan jumlah populasi terbanyak di seentero PKN STAN. Terbagi menjadi D1 Pajak, D3 Pajak dan D3 Penilai/Pbb. Dari namanya saja pasti kalian tahu kan apa yang akan mereka pelajari? Yup mereka akan mempelajari dengan dalam tentang pajak dan isinya. Jenjang karier mayoritas jurusan ini tentunya berada di bawah naungan Direktorat Jendral Pajak, namun tetap tidak menutupi kemungkinan untuk ditempatkan di K/L lain.


3.       Kepabeanan dan Cukai
Kalung biru dongker, dengan mayoritas mahasiswanya berjenis kelamin laki-laki. Dibagi menjadi D1 Bea & Cukai dan D3 Bea  & Cukai. Khusus D3 hanya diperuntukkan untuk laki-laki. Mahasiswa Bea & Cukai dituntut untuk menjadi mahasiswa yang kuat secara fisik dan mental, sehingga jangan heran apabila sistem perkuliahannya seperti semi-militer (tetapi tentu tidak seketat perguruan tinggi Militer) Lulusan nya akan ditempatkan dibawah panji Direktorat Jendral Bea & Cukai


4.       Manajemen Keuangan
Viva kalung merah! Merupakan jurusan dengan jumlah mahasiswa paling sedikit di PKN STAN, terdiri dari D3 Manajemen Aset, D3 Kebendaharaan Negara, dan D1 kebendaharaan Negara. Basecamp dari mankeu adalah gedung J (sebelah kanan air mancur), jurusan ini menuntut mahasiswanya untuk selalu updatee tentang peraturan-peraturan terbaru yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan negara, maka dari itu, materi yang diterima mahsiswa mankeu sangatlah luas. Jurusan ini juga merupakan jurusan yang fleksibel apabila berhubungan tentang masalah penempatan. Biasanya lulusan dari jurusan ini ditempatkan di DJA, DJPb, dan K/L lainnya


Oke itu tadi ulasan tentang jurusan yang ada dii PKN STAN. Buat kalian STAN fighters, tidak ada salahnya untuk mencari referensi lain yang berhubungan tentang jurusan-jurusan yang ada di PKN STAN, karena konsentrasi dari studi yang dipelajari akan berbeda satu dengan lainnya. Sesuaikan dengan passion kalian, apabila kalian tipikal yang sangat suka menghitung, maka akuntansi dan pajak merupakan jurusan yang tepat. Apabila kalian suka membaca dan menghafal, maka manajemen keuangan tempatnya. Apabila kalian orang yang suka tantangan dan suka bereksplorasi, maka jurusan kepabeanan dan cukai sangat cocok. Jadi kalian termasuk tipikal yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Copyright: Blog Trik dan Tips - http://blogtrikdantips.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-efek-kembang-api-di-blog.html#ixzz2JBcC7hGj Tolong sertakan link ini jika mengkopi artikel diatas. Terima kasih