Rabu, 15 November 2017

pengalaman tembus SBMPTN UGM, SIMAK UI dan USM PKN STAN tanpa bimbel

“Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam meraih impian nya”

Assalamualaikum wr.wb, halo semua, nama saya Hanna Nisaur Rosyada Adna, saat SMA dikenal dengan panggilan Ocha. Alhamdulilah pada kesempatan kali ini saya diberikan amanah untuk berbagi inspirasi dan motivasi dengan adik-adik semua. Yang terpenting adalah inspirasi dan motivasi yang akan saya berikan bisa masuk ke dalam hati, diresapi, dihayati dan bermanfaat untuk kedepan nya.
Sebelum saya memulai kisah perjuangan kilas balik saya selama satu tahun yang lalu, mari kita sejenak resapi kutipan di atas, “Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam meraih impian nya” terdengar ringan saat diucapkan, namun bermakna sangat dalam. Sebuah anugerah bagi saya di tahun 2017, saya mendapatkan hadiah yang luar biasa, yaitu bisa lolos SBMPTN UGM, USM PKN STAN dan Simak UI. Tetapi sekedar informasi, banyak juga teman-teman satu angkatan saya yang lolos dibanyak tempat. Ada yang lolos SBMPTN UNS, Poltekkes surakarta dan Utul UGM, ada yang lolos mandiri ITS, Unsoed dan UB, ada juga yang lolos mandiri UNS dan ITS, dan masih banyak lagi yang seperti itu. Jadi kutipan diatas memang sangat benar, tergantung bagaimana kita berusaha mewujudkan nya dan sekuat apa kita mampu bertahan ditengah ketidakpastian yang melelahkan dan berkepanjangan.

Menurut saya, kelas 12 merupakan fase terberat selama saya menjadi seorang siswa. Tapi ya jika dibandingkan tantangan kedepan nya, fase terberatnya seorang siswa, tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan tantangan di kehiduoan selanjutnya, hehehe. Jadi tolong diingat, setelah kalian menyelesaikan semua ujian dikelas 12, akan ada tantangan lebih besar yang telah menanti kalian kedepan nya.


Oke langsung saja, sebenarnya kalau disuruh memberikan tips dan trik khusus, saya juga nggak tahu, karena selama ini yang saya lakuin hanya belajar, berdoa dan minta doa dari orang lain, hahaha. Tapi saya akan share pengalaman dan pengamatan saya, apa sih yang dilakukan anak-anak asrama putri disekolah saya. Saya bersyukur bisa memiliki teman-teman seperti mereka, yang saling support dan bahu-membahu dalam kebaikan. FYI aja, kita jarang banget yang namanya kelupaan buat solat tahajud. Entah gimana caranya, salah satu dari kita harus kebangun dan bangunin yang lain. Sampai pembina asrama yang kamarnya di sebelah kami pun terharu, wkwkwk. Juga kita akan selalu berusaha untuk selalu solat duha, membaca Alquran dan membaca dzikir pagi dan sore (almatsurat) Yang paling terkenang diingatan saya selama kelas 12, apapun harinya jam berapapun itu, pasti ada aja salah satu dari kami yang belajar. Entah belajar dikasur dengan meja lipat kecil gambar princess nya, dikasur sambil tiduran, di meja belajar, di koridor, di lantai, pokoknya dengan melihat teman-teman kita belajar, bisa memotivasi kita untuk ikut belajar juga. Yang paling berjasa menjadi penyemangat dan teman kami saat belajar adalah sebuah musik box kecil yang kami beri nama Zoey, wkwk. Jam berapapun itu, pasti ada saja suara musik dari kamar kami. Karena jujur, saat kami tengah sibuk-sibuknya ujian, dan belajar sampai lewat tengah malam, kalau tanpa zoey, yang menemani kami belajar adalah suara kodok jangkrik di luar, dan suara hembusan AC, yang malah akan menjadi lagu penghantar tidur yang lebih ampuh dari lagu nina bobok Nah tapi jujur, untuk bertahan belajar sampai malam, apalagi saat minggu-minggu penuh ujian itu sama sekali nggak gampang. Ada satu tips yang bisa saya bagikan, Sebut saja tips dari kami “tidur sepuluh menit” jadi saat ada salah satu dari kami yang bener-bener udah nggak tahan untuk tidur padahal materi yang direview masih banyak, dia akan bilang “bangunin aku sepuluh menit lagi” dan tidur dengan posisi paling nggak nyaman. Begitu terus bergantian satu persatu hingga akhirnya materi kami selesai. Tapi style belajar setiap orangpun berbeda-beda. Seperti saya contohnya, “tidur sepuluh menit” sama sekali tidak mempan. Kalau saya, apabila memang masih ada materi yang belum direview tetapi saya sudah tidak kuat, maka saya akan memilih untuk tidur dan bangun jam dua pagi, jam tiga solat tahajud, setelah itu belajar lagi setengah jam, dan tidur sampai azan subuh. Jadi jangan kaget apabila kalian melihat anak-anak kelas 12 memiliki lingkar mata hitam, karena memang siklus tidur mereka tidak berkualitas, hehe. Tips lain darsaya adalah, manfaatkan guru-guru di sekolah dengan sebaik-baiknya. Memang awalnya saya sedikit pesimis ketika memutuskan untuk tidak mengikuti bimbel, tetapi akhirnya saya merasa cukup dengan apa yang sudah saya dapatkan di sekolah.

Ketika kalian memasuki kelas 12, langsung dan jangan ditunda-tunda untuk mulai mempelajari materi SBMPTN. Didalam materi SBMPTN ada TPA dan SAINTEK/SOSHUM. apapun dan dimanapun seleksi masuk perguruan tinggi TPA ini sangat berguna. Jadi saran saya, perdalam dulu materi TPA (verbal, numerik, spasial, dll) karena tidak dipelajari di pelajaran SMA. Untuk belajar TPA saya membeli buku khusus TPA, untuk materi Soshum (karena saya anak IPS) saya lebih memilih untuk mengumpulkan buku paket dari berbagai macam penerbit, milik kakak kelas/ perpustakaan, untuk dipelajari. Untuk latihan soal saya hanya membeli buku tipis berwarna buram yang harganya sangat murah, wkwk. Karena sekolah memang juga sudah memfasilitasi buku-buku latihan SBMPTN. Jadi saran saya, jangan gegabah untuk membeli buku-buku SBMPTN yang tebal, sesuaikan dengan kapasitas pribadi. Target kalian setelah membeli buku adalah mengerjakan nya dengan tuntas, jangan sampai ada yang belum dikerjakan hingga menjadi mubadzir. Jika impian kalian bukan PTN melainkan PT kedinasanan seperti PKN STAN, STIS, IPDN, STIN, dll, maka belilah buku khusus seleksi masuk PTK. Tambahan untuk PKN STAN, pelajarilah toefl karena akan sangat berguna. Jangan sedih dan bingung karena di IC sendiri sudah ada guru-guru yang berbakat dibidang nya. Saya dulu sebelum seleksi tahap satu PKN STAN sering sekali menghampiri guru bahasa inggris untuk diajarkan toefl. Selain itu karena rata-rata seleksi PTK itu lebih dari dua tahap, dan disalah satu tahapnya itu pasti ada tes TKD/CPNS, maka saran saya, saat pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berlangsung, perhatikan dengan baik dan jangan remehkan guru nya. Karena akan sangat bermanfaat untuk tes CPNS itu sendiri.
                Yang masih segar diingatan saya lain nya adalah perjuangan kami mengikuti try out mandiri diluar. Karena dari kami saat itu tidak ada yang mengikuti bimbel, maka cara agar kami bisa mengetahui tingkatan kami dibanding anak-anak diluar sana adalah dengan mengikut try out mandiri. Hampir setiap hari minggu selama 3 bulan  (kira-kira Januari sampai awal Maret) hampir selalu dipastikan kami mengikuti try out. Berangkat sebelum jam enam pagi untuk mendapatkan tiket on the spot di hari minggu yang berharga, sampai drama menangis dibawah hujan gara-gara tidak diperbolehkan pulang oleh panitia try out. Ewww, hehe. Try out yang menurut saya paling berkesan adalah try out pertama yang diadakan ikatan mahasiswa UGM Sukoharjo. Siapa sangka peringkat dua Saintek dan Soshum try out saat itu dipegang oleh anak IC, mengalahkan ratusan anak dari SMA lain di Sukoharjo. Padahal saat itu try out perdana kami diluar.

Mungkin kelihatan nya berat dan melelahkan. Tetapi beneran deh, apabila kalian sudah menguatkan mental kalian dari awal, maka setahun dengan berbagai macam ujian nya, akan berlalu dengan sangat cepat. Jangan lihat sesuatu itu hanya  dari hasilnya, lihatlah perjuangan nya. Jangan berharap kalian bisa menjadi seperti Habibie, Sri Mulyani, atau Rio Haryanto apabila kalian tidak mau melewati proses perjuangan yang panjang, terjal dan melelahkan. Salah satu nasihat dari guru saya yang selalu saya ingat dan ulang-ulang adalah, “PATUTKAN DIRI” mau kemanapun kita nantinya, selama dalam prosesnya kita selalu berusaha untuk mematutkan diri, maka Allah pasti akan memberikan tempat yang pantas untuk kita, sesuai dengan usaha dan ibadah kita.

Akhir kata, semangat terus untuk adik-adik kelas 12, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. jadikanlah guru-guru di sekolah asrama sebagai orang terdekat kalian. Mintalah selalu doa dan restu orang tua kalian. Ketika kalian lelah dan merasa ingin menyerah, segeralah cari tempat untuk berteduh. Curahkan keluh kesah kalian kepada orang tua, teman dekat, guru-guru, pembina, atau yang paling baik adalah di atas sajadah di waktu sepertiga malam. Ingatlah selalu ribuan orang diluar sana juga mengharapkan masa depan yang lebih baik seperti kalian. Apabila kalian lengah, kalian akan kalah dengan ribuan dari mereka yang berusaha siang dan malam. Satu tahun itu akan terasa sangat cepat, maka usahakanlah agar kalian tetap menjaga semangat kalian sampai akhir. Saya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk guru-guru dan pembina asrama, yang tidak bisa saya sebutkan namanya satu persatu, atas bimbingan dan kasih sayang nya selama 3 tahun ini. Semangat tiada akhir adik-adik! Semoga kalian bisa menjemput impian kalian dan apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat, wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Copyright: Blog Trik dan Tips - http://blogtrikdantips.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-efek-kembang-api-di-blog.html#ixzz2JBcC7hGj Tolong sertakan link ini jika mengkopi artikel diatas. Terima kasih